Laman

Kamis, 14 Oktober 2010

KEBANGGAAN MENJADI SISWA SMAN 8 SURABAYA

Saya adalah salah satu siswi SMAN 8 yang sudah 1 tahun ½ mencari ilmu di SMAN 8. Sekarang ini saya duduk dibangku kelas XI IPA. SMAN 8 Surabaya merupakan salah satu sekolah menengah atas di kawasan Surabaya utara dan merupakan salah satu SMA negeri yang difavoritkan oleh banyak calon siswa yang ingin masuk ke SMAN 8. Tak mudah memang untuk bisa masuk ke SMAN 8. Calon siswa yang masuk harus memiliki nilai ujian yang cukup tinggi.. Maklum, SMAN 8 merupakan sekolah negeri yang harus memiliki siswa dengan nilai yang tinggi. Saya pun pernah merasakan kesulitan saat pendaftaran murid baru tahun 2009-2010 kemarin.

Hal itu terjadi karena nilai ujian saya saat SMP sangat kecil, yaitu 34,60. Sehingga posisi saya saat itu sangat memungkinkan untuk tergeser dari urutan saya yang semula. Walaupun banyak orang yang memandang sebelah mata SMAN 8 ini, tapi SMAN 8 tidak ingin memiliki siswa dengan kualitas yang buruk. Maka dari itu, standart nilai yang ditentukan oleh SMAN 8 cukup tinggi dan juga diberlakukan sistim full day school yaitu pukul 06:30 hingga pukul 14:30. Serta bimbingan belajar bagi siswa kelas X, XI, dan XII. Hal ini dilakukan agar seluruh siswa SMAN 8 siap dalam menghadapi standart ujian yang makin lama makin naik dan kedepannya dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan professional.

Selain siswa-siswa yang memiliki nilai unas tinggi, SMAN 8 juga menyediakan beberapa fasilitas belajar yang dapat menunjang pendidikan siswa, mulai dari kelas, laboratorium, perpustakaan, aula yang besar dan sejuk, lapangan luas yang terdiri dari lapangan basket, lapangan futsal, dan lapangan voly atau bulutangkis. Ada juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang cukup menarik para calon siswa SMAN 8. Letaknya juga dekat dengan wisata religi Sunan Ampel, sehingga tempat ini mudah dijangkau dan sangat mudah mencari transportasi umum disini. Itulah sebabnya saya dulu sangat tertarik dengan sekolah ini. Saya akan bercerita sedikit tentang sekolah saya ini.

Setiap ruang kelas dilengkapi oleh kipas angin yang memberikan kesejukan kepada para siswa yang sedang dalam proses belajar. Dengan kapasitas kelas berisi 40 siswa dan ruang kelas yang luas, memberikan kesan segar kepada siswa, serta tidak terlihat ‘sumpek’. Laboratorium yang digunakan untuk melakukan berbagai macam percobaan. Mulai dari laboratorium biologi, fisika, kimia, komputer hingga bahasa sudah ada dengan segala perlengkapannya di SMAN 8. Mulai dari proyektor di setiap ruangnya dan beberapa perlengkapan lainnya. Jadi siswa tinggal menikmati fasilitas tersebut secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan disetiap kelas.

Gambar lab computer

Untuk kelas olahraga atau segala kegiatan yang tidak memungkinkan untuk dikerjakan didalam kelas, telah tersedia lapangan yang sangat luas dengan 2 bagian yaitu sebelah timur sebagai lapangan basket, dan yang berada ditengah bangunan SMAN 8 merupakan lapangan sepakbola sekaligus voly dan biasa digunakan untuk upacara saat hari senin. Tak perlu takut kepanasan jika berolahraga di lapangan ini, karena banyaknya pohon membuat suasana menjadi lebih rindang dan sejuk. Mengingat ukurannya yang sangat luas sehingga memungkinkan kita untuk melakukan upacara Senin di lapangan tersebut. Itulah salah satu hal yang saya banggakan yaitu lapangan yang multifungsi.

Lab kimia


Gambar lapangan 

Gambar perpustakaan sekolah


Selain sarana pendidikan, ada juga fasilitas bersantai yang ditujukan kepada para siswa yang ingin menikmati udara sejuk dilingkungan sekolah saat istirahat. Yaitu pondok kecil di dekat lapangan basket dan didekat ruang guru yang juga tersedia kolam ikan yang bisa menghibur kita saat kita sedang penat. Jangan khawatir akan kelaparan selama sekolah, karena ada 3 kantin yang bekerja cepat memberikan pesanan yang diminta oleh para siswa. Disebelah kantin juga ada koperasi siswa yang menjual peralatan sekolah. Sangat menyenangkan sekali bersekolah di SMAN 8 Surabaya ini. Selain fasilitasnya yang memadai, tenaga pengajarnya pun sangat professional dan kompeten.

Saya juga bangga karena SMAN 8 memiliki musholla yang tidak bisa dikatakan kecil. Karena musholla ini memiliki 2 lantai dan pada masing-masing lantai ukurannya cukup luas, sehingga tidak ada alasan lagi bagi para siswa untuk tidak menjalankan kewajiban ibadah. Karena SMAN 8 tidak mau memiliki siswa yang hanya pandai dalam hal pendidikan, namun juga pandai dalam hal agama, terutama kewajiban mereka sendiri. Ada beberapa Al-Qur’an yang tersedia, lengkap dengan terjemahannya. Bagi para siswi disediakan beberapa mukenah yang dapat digunakan secara bergantian dengan siswi lainnya. SMAN 8 sangat memperhatikan ini, saya sangat senang bisa bersekolah di tempat yang seistimewa ini.

Gambar musholla.



Tenaga pengajar di SMAN 8 sangatlah professional dan kompeten. Saya saja menyukai beberapa guru di SMAN 8 yang telah sabar mengajar selama ini. Memang tidak semuanya sabar, ada juga yang berwatak keras. Namun disitulah tugas kita sebagai siswa, yaitu tidak membeda-bedakan guru yang satu dengan yang lainnya. Guru yang berwatak keras bukan berarti akan jahat kepada kita. Tetapi guru tersebut hanya ingin kita menjadi yang terbaik, meskipun caranya berbeda. Kita harus tetap menghargai guru tersebut, karena tindakan itulah yang dilakukan sebagai wujud rasa pedulinya kepada kita, jika guru tersebut tidak memperhatikan kita, itu tandanya guru tersebut tidak saying kepada kita.

Itulah semua hal yang saya sukai dari SMAN 8. Saya sangat bangga bisa masuk SMAN 8, karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang favorit dan menjadi impian semua siswa. Tidak semua siswa yang bisa masuk ke sekolah ini. Jadi saya merasa bangga bisa mengalahkan beratus siswa dari berbagai SMP yang juga menginginkan masuk ke SMAN 8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini